Wednesday, August 27, 2008

Perjuangan buat asix (1)

Ternyata perjuangan untuk bisa asix sangat berat, niat yg kuat dan teori2 yg telah pelajari selama hamil belumlah cukup tanpa adanya dukungan trutama dari paramedic yg notabene harusnya lebih mensuport bukannya sebaliknya malah bikin down.
Ini curhatanku mengenai kegagalanku buat asix dan bagaimana aku bangkit dari kegagalan itu.


Setelah proses IMD yg gk berjalan mulus (Egi gk berhasil menghisap PDku walaupun udah ditunggu 1 jam 15menitan), jadi Egi langsung aja ditaruh di PDku buat nenen, tp yg bikin aku gondok, kordinator susternya ngomong

“ waduh bu, putingnya gk ada, susah nih, harusnya dari mulai hamil udah harus dipijet biar kluar”

Sebel bgt deh, bukannya bantuin malah bikin ngedown. Pdhl dari hamil udah aku pijet dan coba aku tarik, tp gk berani terlalu kuat, soalnya ada yg bilang jg itu bs nyebabin kontraksi, dan sebenernya putingku itu udah lmyn menonjol kluar dibanding awal2 hamil.

Setelah Egi dibersihin dan diukur BB dan TB nya, aku kembali minta Egi buat disusuin, lagi2 kalimat menjengkelkan kluar dari bidan “asinya belum kluar ya?” tapi dengan cuek aku tetep menyusun Egi, walaupun bingung gmn cara menyusuinnya, jd aku diajarin nyusuin sambil tiduran miring.

Lagi2 bidan itu datang lagi sambil ngomong
Bidan: “ Bu, bayinya mo dikasih minum dulu”,
Aku: “Minum apaan?” Ku bingung, bukannya ini lagi menyusu
B: “PASI Bu”
A:“Susu formula??”
B:“iya, asinya ibu kan belum kluar”
A:(waaaksssss) “Tapi kan bayi baru lahir bisa tahan 2x24 jam tanpa minum”
B:”ya nanti bayinya kehausan“
A:”Pokoknya saya gk mau bayi saya dikasih sufor”
B:”Ya terserah ibu, tar ngomong aja ama dokter anaknya”


Waktu DSA nya datang, mngkin dia udah dicritain klo aku gk mau anakku dikasih sufor

Dr :”Kenapa anaknya gk boleh dikasih sufor, kan asi ibu belum kluar”
A :”Dari yg saya baca dok, bayi baru lahir mampu bertahan 2x24 jam tanpa minum, jd gk perlu dikasih susu formula klo asinya belum kluar”
Dr :”Ya nanti anaknya kehausan”

Pokoknya aku eyel2an ama tuh dokter, sampai kesel sendiri, trus akhirnya masku menengahi

M : ”Gini aja deh dok, kami mau ngasih asi dulu ke anak kami, kami coba sampai 2x24 jam dulu, tidak dikasih susu formula”
Dr : ”Ya terserah bapak aja, tp saya tidak tanggung jawab klo bayinya kenapa2"
M : ”Ya saya yang tanggung jawab"
Dr : ”Klo gitu bapak tanda tangan surat pernyataan”
M : ”Boleh”

Akhirnya dibuatin surat pernyataan dan masku yg tanda tangan klo kami tidak mau bayi kami diberi sufor, dan klo ada apa2 kami yg tanggung jawab.


GRRRHHHHHHHH geregetan banget rasanya. Setauku, di RS2 besar yg pro asix malah wajib tanda tangan surat klo mo ngasih sufor ke bayinya, gk KEBALIK kayak gini.




note : percakapan diatas tidak persis spt yg diucapkan, tp itu yg aku inget, dan intinya spt itu.

No comments: