Tuesday, August 12, 2008

survey tempat melahirkan

Td malem waktu kontrol ke dr Agus di Permata Hati Maternity Clinic, sambil nunggu giliran skalian aja aku n masku survey.

Dari segi bangunan n interior bagus, desainnya modern n nyaman ( ya iyalah namanya jg baru), jd gk terlalu khas RS.

Kamar rawatnya cuma ada 11 kamar, kelas II, I, VIP, dan VVIP.

Fasilitas masing2 kamar (seingatku ya) : tempat tidur pasien (satu kamar cuma buat satu pasien, asik gk campur sama yg lain), box bayi, ac, tv (besarnya sesuai ama kelasnya), lemari (banyak n besarnya jg tergantung kelas), sofa (banyak n bentuknya tergantung kelas), kulkas mini.

Perbedaan antar kelasnya sebenernya gk terlalu banyak, paling luas kamar, dan perabotnya, serta jatah makan n snack dan juga klo VVIP n VIP ada tempat tidur buat yg nunggu.

Ruang bersalinnya ada 2 dan juga ruang operasinya. Di dlm ruang bersalin jg ada sofa/kursi buat yg nungguin, yg nungguin boleh dua orang.
Ruang tunggu bersalinnya jg nyaman setidaknya berguna bagi yg sedang panik n gelisah (ngefek gk sih...).

Dan yg pasti di klinik ini bisa rooming in, bbrp jam (kira2 2 jam) setelah lahir, bayi langsung dikasihkan ke ibunya, smg bisa memperlancar buat program asix.

Aku jg sempet nanya ke bidan yg jaga, bisa IMD gk, awalnya bidan bingung dg istilah IMD, stlh ku ksh tau kepanjangannya, dia bilang bisa buat inisiasi dini, tergantung permintaan dari ibunya aja.

Ni perkiraan biayanya

Persalinan Persalinan dg Bedah Sesar
Normal vakum
VVIP Rp 4,5 - 5 jt Rp 5 - 5,5 jt Rp 10 - 10,5 jt
VIP Rp 3,5 - 4 jt Rp 4 - 4,5 jt Rp 8,5 - 9 jt
I Rp 2,9 - 3,3 jt Rp 3,3 - 3,8 jt Rp 6,5 - 7,5 jt
II Rp 2,5 - 2,8 jt Rp 2,8 - 3,3 jt Rp 5,5 - 6 jt



Alternatif tempat melahirkan selain diklinik itu, hanya ada di RSI dan RSAD, krn dsog ku itu cuma bisa di RS2 itu aja.

Klo di RSI, enaknya udah ada kerjasama ama kantorku, jd semua biaya udah ditanggung langsung oleh kantor tanpa kita harus ngeluarin duit dulu, kecuali klo upgrade ke kelas yg lebih tinggi, harus bayar selisih biaya tsb, tp itu jg bisa dipotong dari gaji. Jd kita gk usah pusing2 nyiapin duit, begitu mules2 langsung datang aja ke RSI, pulang bawa bayi hehehe.
Tp krn itu RS umum, jd agak campur2 dg yg sakit, walaupun ada blok khusus bagi yg bersalin, tp tetep aja kan suasananya gk nyaman.

Klo di RSAD, kyknya lebih parah deh.

Jd kemungkinan aku mo ngalirin di permata hati aja. Krn jatah dari kantor cuma kelas I, jd ya mo ambil yg kelas 1 aja deh, biar gk usah nombok hehehe...lgan kelas I jg udah bagus kok, bedanya gk gitu banyak dg yg VIP.









No comments: