Tuesday, August 5, 2008

No Sufor

Di postingan kemarin aku bercerita klo aku bersemangat dan yakin bisa memberikan asix ke bayiku nanti, tp semangat dan keyakinanku itu baru sebatas buat diriku sendiri, blm menjalar ke masku.
Critanya gini, kemarin malam, aku n masku lg nyiap2in barang2 apa yg akan dibawa ke RS nanti pas melahirkan, masku yg bacain listnya n aku yg ngambil barang2nya, ku dapat list itu dari temanku.
Awalnya sih berjalan lancar, krn emang aku udah beli keperluan buat dede, ada satu dua items sih yg msh kurang. Pas dibacain list trakhir,

"susu kaleng", kata masku (aku lupa klo di list itu ada item susu kaleng, bodohnya aku)
"nggak, ade gk mau pake susu kaleng, ade mo asi aja", tegas ku jawab
"ya buat jaga2 aja, sapa tau dlm 2 hari asinya blm kluar"
"gk mau, ade mo brusaha asi aja"
"trs klo dlm 2 hari asi gk kluar gmn?"
"ya ade akan tetep usahain buat nyusuin, hrsnya mas support dong"
"tp kan gk ada jaminan klo dlm 2 hari itu asi dh kluar"
"insyaAllah bisa"
"Tp kan gk bisa menjamin, jd gk usah idealis deh, trs mo apa klo emang blm kluar?"
"Pokoknya klo gk nyiapin susu kaleng, tar pas butuh mas gk mo beli, ade aja yg beli, apa mo pake susu dr RS?)"
"Ya ade gk mo beli sih, ade mo kasih asi aja"
Ujung2nya ribut deh

Bingung jg, aku emang gk bisa menjamin klo dlm 2 hari asiku dah kluar (setauku dan jg yg masku tau, daya tahan bayi tdk minum itu 2 hari), tp selama ini sih aku yakin klo aku bisa kasih asix, dg cara menyusui terus2 menerus bayiku biar merangsang keluarnya asi dan jg klo bisa saat melahirkan bisa IMD.
Tp emang sih ada sedikit keraguan klo asiku tdk bs kluar dlm waktu 2 hari itu, ya melihat dr pengalaman teman2ku. Smp saat ini (kehamilan 37 minggu) blm ada tanda2 klo asi mo kluar. Pertambahan besar payudaraku sepertinya tidak terlalu banyak dr seblm hamil, dan lagi putingku agak datar, skrng sih udah agak mendingan, udah agak menonjol, tp tdk sebesar orang2 lain. Dari apa yg aku baca kondisi itu tdk menghambat utk ngasih asi, tp tetep aja aku kadang suka ragu juga, ya namanya blm pernah ngalamin.

Sempet jg kepikiran buat cari donor asip aja buat jaga2, drpd kena sufor. Ada beberapa temenku yg msh menyusui, tp apa mereka mau ngasih asip ke aku, soalnya mereka nggak asix dan jg gk biasa memeras, jd donor asi kayaknya blm jd hal yg lumrah, dan lagi apa masku setuju (aku blm pernah ngomongin ide ini ke masku).

Sebenernya masku bukannya tidak mendukung aku buat asix, tp dia berprinsip tidak usah terlalu idealis lah, gk usah maksa, apalagi jg terpengaruh oleh temen2 yg menyarankan untuk menyiapkan sufor buat jaga2 klo asi belum kluar.

Untuk hal2 lain seperti IMD, dia jg berprinsip gk usah idealis, liat situasi dan kondisi, jangan terlalu maksain. Kita pernah ngobrol2 ama bidan, trs IMD bisa dilakukan selama kondisi ibunya baik, tdk kecapean, tp mana ada sih habis ngalirin yg nggak kecapean.

Ternyata masih perlu banyak komunikasi dg masku tentang masalah ini, perlu menyamakan prinsip, agar bisa mensupport aku utk suksesnya program asix ini krn masku satu2nya orang yg ada didekatku (kami hanya tinggal berdua disini, keluarga di jawa semua), jd siapa lagi yg mensuport aku selain masku.

Krn keresahanku ini, aku langsung curhat di milis asi for baby, tdk perlu nunggu lama, langsung ditanggapin oleh para mom yg mensuport aku. Bener2 terbantu deh aku untuk tetep semangat dan berpikiran positif. Thx moms atas suportnya.









No comments: