Friday, November 2, 2007

pencarian lokasi rumah

Setelah menikah, gk terbersit dibenak kami buat beli rumah, gmn mo beli rumah, wong tinggal aja masih beda pulau, aku di lombok, masku di Jakarta, jd gk ada rencana sama skali buat beli rumah. Waktu masku akhirnya pindah jg ke lombok, kami masih belum ada keinginan buat beli rumah, rencananya kami mau ngontrak rumah aja, krn kami pikir kami gak akan lama di lombok krn bakalan di rolling. Tp setelah muter2 gk dpt kontrakan jg, dan waktu kita iseng2 liat2 perumahan dan nanya ke developer kita jd tertarik deh buat ngambil rumah.

Mulai deh kita survei2 buat nyari lokasi perumahan. Kriteria kami dalam pemilihan lokasi rumah sih gk banyak2 ya, antara lain :

  1. Dekat dg kantor, jd kl istirahat bs pulang. Apalagi tar klo insyaAllah udah ada momongan, tiap istirahat kan aku bs pulang utk ngasih asi.
  2. Lingkungannya bagus, kl bs yg di perumahan yg berbentuk cluster, tidak terlalu rame (tidak banyak kendaraan yg lalu lalang di depan rumah, biar tar anakku bisa main di jalanan dg leluasa)
  3. Bebas banjir (kl ini sih gampang nyarinya, soalnya di mataram rata2 emang bebas banjir), jauh dr laut.
  4. Aksesnya mudah

Untuk lokasi aku udah suka sama yang di Pesona Rinjani, jarak dari kantor kira-kira 3 km (5-10 menit pake mtr), perumahan dg akses satu pintu (keamanan mngkin terjamin, dan tdk utk lalu lalang), jalanannya lebar sehingga tdk terkesan kumuh, sudah banyak rumah yg berpenghuni (jd udah banyak tetangganya), deket bandara, pintu gerbang perumahan langsung ke jalan raya. Temen2 ku jg udah banyak yg ngambil di sana (jd emang banyak yg suka)

Tp kami tdk langsung memutuskan lokasi tersebut, kami masih muter2 mencari alternatif lain. Kami sih penginnya yg di daerah Panji Tilar, krn lebih deket kantor, akses lebih mudah, dan lebih rame (fasilitas lebih lengkap), tp perumahan2 yg ada di sana sudah gk pada laku. Ada sih rumah second di Raden Panji, lingkungannya bagus, tp setelah survey ke rumahnya tnyt gk cocok, rumahnya udah dikembangin full, gk ada tanah yg tersisa, dan harganya lmyn mahal. Lewat iklan di koran, coba2 cari di Perumnas, ada rumah di jual jg dan harganya lmyn murah, tp aku bener2 gk tertarik ngambil di perumnas, udah terlalu rame dan padat, jalannya sempit, gotnya item, jd keliatan kumuh, dan lg klo ujan katanya suka banjir. Ada yg nawarin jg, rumah murah di swadaya (kl gk salah), bukan perumahan, dan pinggir sawah, tdk ada listrik lg, udah males buat surveynya.

Kami jg mencoba ke perumahan di jln kaharudin, kl yg dipertigaan antara panji tilar sih kayaknya udah pd laku semua, trs nyoba yg di perumahan satelit, masih ada yg kosong, tp jln ke sananya sepi, dan banyak pura, serem jg.

Pernah jg kami mensurvey yg di daerah gunung sari, dr iklan di koran, dijual rumah dg harga lmyn murah, tp ampun deh, lokasinya jauh bgt (untuk ukuran mataram lho), hampir setengah jam dari kantor. Coba iseng2 ke meninting regency, cluster dg konsep rumah tanpa pagar, rumahnya lucu2, ada kolam renangnya, tp setelah searching di internet tnyt harganya mahal bo, kayaknya sih yg tinggal si situ banyak ekspatriatnya.

Akhirnya kami memutuskan untuk ngambil yg di Pesona Rinjani.

1 comment:

Anonymous said...

ayo buruan dibikin rumahnya, jadi pas aura ke lombok dah jadi
males ah ke lombok klo masih di kos2an..
butuh tambahan dana gak? he..he..he