Wednesday, October 3, 2007

Selamat jalan mbah Dain

Tgl 23 September 2007 kemarin mbah Dain berpulang kepada-Nya. Sedih bgt rasanya, apalagi aku gk bs pulang disaat terakhir beliau, trakhir aku pulang ke rumah pd bulan maret, saat itu mbah emang udah sakit tp kondisinya masih bagus, mknnya masih doyan, ingatannya masih tajam, hanya saja sudah gk bs jalan2 cuma tiduran dan kadang duduk di tempat tidur.
Mbah mulai sakit sekitar bulan Desember 2006, awalnya susah pipis dan kebelakang, dan setelah di bawa ke RS di Pemalang, dokter disana bilang klo ada tumor di saluran kemih mbah dan dokter menyatakan udah gak sanggup alias angkat tangan. Denger kbr itu aku syok bgt, apalagi waktu itu udah mo deket pernikahanku (1 januari 2007), aku sedih bgt, pikiranku udah nggak karuan, ku berpikir masa pernikahanku gk ada mbah. Krn RS udah gak nanggung akhirnya mbah dibawa pulang. Di rumah keadaan mbah smakin parah, perutnya mengeras, gak mau makan-minum, dan omongannya udah ngelantur. Aku tau keadaan mbah kyk gitu, udah tambah sedih aja, bawaannya mo nangis trs di kantor jg udah gk konsen. Waktu nelp ibu, ibu bilang ya udah klo emang keadaanya kayak gitu mo diapain lg, masalah pernikahan, apapun yg terjadi tetap dilangsungkan. Tp aku berpikir, masa tar pernikahanku bknnya seneng2, bahagia, tp malah sedih klo ada knp2 sama mbah. Trs aku bilang aja ke ibu, masa mbah dibiarin gitu aja sih seolah-olah tinggal nunggu aja, kayaknya gk ada usaha buat nyembuhinnya. Ibu bilang dokter pemalang udah bilang gk sanggup, tumor mbah udah gk mungkin dioperasi lagi, krn faktor usia jg, lgan mbah gk mau dibawa ke RS lg, ktnya klo ada apa2 ya mending di rumah. Tp coba cari second opinion, sapa tau bs diobatin.
Krn telp dr ku itu akhirnya ibu jd ada semangat, ibu coba membujuk mbah, dan Alhamdulillah mbah mau, akhirnya mbah dibawa ke RS di Tegal, tp waktu diperjalanan keadaan mbah udah kritis, ibu smp deg2an, sampai gk ya ke RS. Di RS Tegal, ternyata bukan tumor, tetapi ada semacam batu di saluran kemih dan bisa dioperasi. Akhirnya bisa sembuh walaupun nggak sembuh total, krn semenjak itu mbah gk bangun dr tempat tidur (paling kadang jln2 pake kursi roda) dan hrs dikateter, tp mbah udah bisa makan-minum spt biasa. Ya walaupun waktu aku nikah mbah gk bs nungguin, krn untuk sementara tinggal di rumah bude krn rumahku ribet, tp setidaknya mbah tau cucunya menikah.
Tp minggu2 awal september, keadaan mbah mulai parah, udah gk mau mkn. Tp gobloknya aku, knp waktu itu aku gk pulang, aku gk bs disisi mbah waktu mbah gk ada, semua anaknya ngumpul, dan sebagian cucunya jg pd ngumpul (cma yg diluar jawa, termasuk aku yg nggak). Hari saat mbah nggak ada itu aku lg training ESQ, tp pikiranku udah ke mbah trs, apalg waktu renungan dan doa, nangis trs inget mbah. Apalg bpk mlm sblmnya jm 12 malem nelp, udah gk karuan deh perasaanku waktu itu, bpk blng, tar kl ada apa2 jangan kaget ya. Aku emang udah gk kaget denger berita itu, walaupun aku ikhlas tp tetep aja perasaanku gk karuan (nulis posting ini jg sambil nangis).
Selamat jalan mbah Dain, smg mbah dpt diterima di sisi-Nya.


No comments: