Wednesday, October 3, 2007

kenangan ttg mbah Dain

Kata cemprit, mlm stlh mbah nggak ada, semua anak-cucu berkumpul (kecuali yg pd di luar jawa), membicarakan banyak hal, jd semua orang di uruh berbicara, mulai dr pakde Dachro sbg yg anak tertua smp Aris (cucu termuda yg dateng saat itu). Banyak berbicara kenangan ttg mbah Dain, krn waktu itu gk bs datang, makanya kenangan ttg mbah aku tulis disini aja.
Kenangan yg paling membekas yaitu waktu aku msh blm skolah (kira2 umur 5 thn). Waktu itu Cemprit pulang sekolah crita klo td abis dr hutan deket sekolah, nanem pohon bringin. Namanya anak kecil, langsung deh pengen jg ke hutan, penasaran kyk apa sih hutan itu, scr slama ini cuma bs mandangin dr rumah aja. Bbrp hr kemudian, gktau critanya gmn, mbah Dain mau ngajakin aku ke hutan, wow seneng bgt deh rasanaya. Dr rumah di bawain bekal ama Lik, pergi deh berdua ama mbah ke hutan, jarak dr rumah ke hutan kira2 2 km, nglewatin sawah dan ladang. Hutan itu berupa bukit yg ditanami pohon pinus. Dg semangat ku jln ksana, trs mulai mendaki bukit itu, wah dr bukit itu ku bs mandangin sawah2 di bawahnya yg kliatan kecil2, jg jalan2 yg kayak ular berkelok2. Ku jg bs ngliat sampai jauh, sampai ke desa tetangga. Ku naik smp nglewatin pohon kepuh (pohon besar yg sudah tua, yg katanya jd penopang bukit itu, skrng msh gk ya), sebenernya ku masih kuat, tp berhubung kemarin Cemprit cuma smp kepuh aja, dan aku bs nglewatin kepuh, jd aku merasa udah bs ngalahin cemprit, jd udah cukup sampai situ aja, lgan aku kt ibu kl smakin tinggi kl liat bwh jd pusing dan ngeri, jd aku tersugesti, takut kl lebih tinggi lg jd pusing. Mbah sih terserah aku aja, pokoknya sampai manapun akan ditemenin. Sepanjang jln ku sambil mungutin bunga2 pinus, dan klo ada yg msh di pohon yg aku pengin, pasti diambilin ama mbah. Pulangnya jln lwt sawahnya mbah yg di gili (jln) turi, sepanjang jln ke sawah itu jg banyak bunga2an, semangat deh aku ngambilin bunga2an itu, dibantuin mbah kl yg tinggi. Tp yg bikin aku agak deg2an, kadang klo ketemu orang, dan ditanya mau kemana, mbah becanda bilang 'mau nyupang, ni bawa tumbalnya', ih ngeri jg takut beneran, namanya anak kecil kan kadang gk bs ngebedain becanda apa gk.
Banyak kenangan2 ttg mbah. Keluargaku emang tinggal bareng ama mbah. Mbah slalu memotivasi anak cucunya agar sekolah yg bener, doa beliau gk lain bahwa anak cucunya pinter2. Tiap abis terima rapot pasti mbah orang yg pertama dipamerin, dan klo nilaiku bagus kadang suka dikasih hadiah duit. Mbah protektif thd temen2 cowokku yg datang ke rumah. Mbah jg yg bikin ku seneng duren, sate, nggado trasi.
Dain masih bnyk kenangan2 ku yg lain ttg mbah Dain.

1 comment:

Pipit Rapih Himayanti said...

Kemarin malem aku mimpi mbah Dain, mungkin masih kepikiran ya...
tapi belum sempet ngaji yasin nih...
Alfatikhah buat mbah Dain