Thursday, May 1, 2008

seputar asix.....

Lg seneng browsing2 seputar asix alias asi eksklusif. Pengennya tar kl dede dah lahir mo dikasih asix slama 6 bln, ya walaupun ku cuma cuti 3 bln, tp tar kan pas ku dh masuk kerja, bs pake asip (asi perah), lgan istirahat aku jg bs pulang. Makanya ku mulai cari2 info seputar asix. Ku gabung ama milis asiforbaby, milis ini bagus bgt, bnyk info yg bs didpt dr situ, lgan anggotanya tuh komunikatif bgt, jd milisnya tuh rame trs. Dari milis banyak link ke ibu2 asix, jd blog walking kemana2 nih(untung krjaan lg nyante, jd bs disambi2 hehehehe). Asik jg baca pengalaman ibu2 ttg baby dan asix, jd tambah kepacu buat asix.
Tp kadang ada rasa ragu jg sih, apa bs ya tar aku kasih asix ke dede. Dr pengalaman temen2ku di kantor, gk ada yg asix, mrk bilang kl menyusui itu gk semudah yg dikira.
Kmrn waktu nengokin teman yg baru nglairin, udah 3 hari tp asinya blm kluar jg, jd dg terpaksa si baby dikasih air putih dan tajin. Aku jd berpikir, tar kl abis nglairin smp bbrp hari asiku jg ternyata blm kluar2, apa yg harus aku lakuin, mengingat daya tahan bayi tanpa minum adalah 2x24 jam.
Ah tp buktinya banyak kok ibu2 yg sukses ngasih asix, jd aku HARUS BISA!!!!
Udah dari minggu kemarin, ku mulai massage sasiku (PD Ku), dr yg aku baca, mulai hamil 5 bln, PD udah hrs mulai di massage biar tar asinya lancar. So, tiap mlm (gk psti tiap mlm sih, kadang jg gk, kl keburu ngantuk), ku coba massage sasiku pake baby oil. Sayangnya langkah2 massagenya aku cuma dari baca2 aja, blm nemu artikel yg ada gambar dan langkah2nya, jd ya udah kira2 aja massagenya.
Trs di mataram ini ku jg blm tau klinik laktasi ada apa gk. Kan kl ada aku jd bs konsultasi, biar lebih terarah. Trs aku jg blm tau RS/klinik bersalin mana yg udah nerapin IMD (inisiasi menyusui dini) dan asix. Dari cerita temenku yg abis ngalirin itu, kl di exonero, bidan n perawatnya udah pro asi. Aku jg blm pernah ngomong ke DSOGku klo pengin IMD, smg aja DSOG ku itu mendukung.



No comments: