Monday, August 4, 2008

semangat asi

Sudah dari duluuu,sebelum hamil, bahkan sebelum menikah saya sudah berkeinginan untuk memberikan asi ke anakku kelak. Aku tau asi sangaaat bermanfaat. Keyakinan ini mungkin aku dapatkan dari Ibu, krn blio bisa ngasih aku asi smp umur 3,5 tahun (lama jg ya), walaupun gak asi eksklusif krn ibuku bekerja/mengajar, jaman dulu kan belum mengenal peras-memeras, jd selama aku ditinggal aku minum susu formula (sufor). Untungnya ibu cuma mengajar setengah hari, jd seringnya sufor yg dibikinkan buat aku belum sempet aku minum, jd ya bisa dikatakan aku emang produk asi.

Ibuku sering merasa menyesal/kasihan dengan mbakku, krn hanya sempet memberikan asi ke mbakku sampai kira2 15 bulan, krn aku keduluan nongol diperut ibuku (beda aku ama mbakku cuma 22 bulan). Awalnya ibu masih memberikan asi ke mbakku, walaupun tau sedang mengandung, tp banyak orang yg melarangnya, jd dg terpaksa ibu menyapih mbakku. (sebenarnya kan tetap menyusui dalam keadaan hamil tidak apa2, yg penting tidak menyebabkan kontraksi).

Memang ada perbedaan antara aku yg diberi asi sampai 3,5 tahun dengan mbakku yg hanya 15 bln. Badanku lebih besar dan lebih tinggi, sedangkan fisik mbakku tergolong lebih lemah, gak tau jg sih apa itu pengaruh asi apa udah dari sononya.

Waktu mbakku melahirkan, ternyata dia tidak bisa memberikan asi. Keponakanku itu lahir prematur dg berat 2,01 kg, lewat operasi cesar, gak tau kenapa, bayi baru dikasihkan ke ibunya lebih dari 24 jam setelah lahir, dan jg tidak rooming in, otomatis gak bisa belajar menyusui dari awal. Dan dari awal sudah diberikan sufor memakai dot oleh pihak RS krn asinya mbakku blm kluar (gmn mo kluar wong belum dirangsang). Hal inilah yg menyebabkan keponakanku itu males menyusu ke ibunya, krn udah keenakan pake dot. Apalagi puting mbakku yg tidak keluar/rata menambah susahnya ponakanku itu menyusu langsung ke ibunya. Setiap kali disusui pasti mengamuk. Udah dicoba memakai puting buatan tp tetap gk mau. Coba diperas, tp hasilnya cuma dikit bgt, mungkin krn kurangnya rangsangan.

Kondisi ini diperparah dg keponakanku yg kena kuning, jd harus disinar. Dan karena suhunya yg belum stabil (krn prematur) maka harus nginep smp 10 hari di RS.
Karena kondisi yg belum fit dan stres krn anaknya harus ditinggal di RS, serta minimnya pengetahuan tentang asi, pasrah lah mbakku ketika asinya tidak keluar.
Jd lah keponakanku itu full sufor dan sempet alergi susu sapi sehingga harus minum susu kedelai. 3 bulan pertama kelahirannya, hampir tiap bulan keponakanku di opname di RS krn sakit2an. Mungkin ini disebabkan karena lahir prematur dan jg gak asi.
Tp alhamdulillah sekarang sudah tidak sakit2an lagi.

Teman2 disekitarku jarang yang asix, cuma ada dua, itu krn mereka FTM (full time mother) dan sepertinya udah pernah merasakan sufor waktu abis lahir (msh bs dibilang asix nggak ya). Sedangkan teman2ku yg bekerja pada pake sufor semua dg alasan asinya gak cukup dan krn harus ditinggal kerja. Gak ada yg berusaha buat meras dikantor, krn ribet dan kluarnya cuma dikit. Bahkan ada yg hanya memberikan asi smp anaknya umur 4 bln, krn anaknya bingung puting, dan gk mau menyusu lagi.

Dari sinilah aku banyak belajar, bahwa memberikan asi tidak hanya sekedar menggunakan naluri seorang ibu, tp juga butuh pengetahuan, apalagi jika ingin memberikan asix, butuh perjuangan yg berat, tidak gampang.
Makanya, mulai dari hamil ini, aku sudah browsing2 tentang asi dan asix, gabung dg milis Asi for Baby (keren bgt milisnya), blogwalking ke blognya moms pejuang asi, beli buku tentang asi.
Sering aku dikomentarin, buat apa beli buku tentang asi segala, seorang ibu pasti bisa menyusui.
Tp aku berkeyakinan, bahwa segala sesuatu itu ada ilmunya yg harus dipelajari.

Semoga apa yang aku pelajari bisa dipraktekan, gk cuma nyangkut di otak aja.
Aku sangat ingin bisa memberikan ASIX ke anakku smp 6 bln, walaupun aku bekerja.
Aku sangat ingin bisa memberikan ASI keanakku minimal smp 2 tahun.

Aku tahu, ini bukanlah pekerjaan yang mudah, akan ada banyaaaaaak kendala yang akan aku hadapi (sudah terbukti td malam, next posting). Tapi aku akan tetap bersemangat dan berpikir positif, klo aku bisa !!!!!
Buktinya banyak ibu2 yg berhasil memberikan asix buat buah hatinya, walaupun gk ada contoh langsung di sekitarku.

Ya Allah semoga aku bisa memujudkan impianku ini. Semoga aku bisa memberikan yang terbaik buat buah hatiku.





No comments: